Home

slide1.jpgPAGELARAN SENI BUDAYA KERATON PAKUNEGARA TAYAN
AKULTURASI KERATON TAYAN
SEBAGAI UPAYA PEMBANGUNAN KARAKTER BANGSA YANG BERBUDAYA

A’udzubillahiminasy syaithannirrajim
Bismillahirrahmaanirrahiim

YANG MULIA PARA RAJA-SULTAN, PANGERAN RATU, PANGERAN AGUNG DAN PANGERAN-PANGERAN UTUSAN KERAJAAN SE-KALIMANTAN BARAT.

YANG TERHORMAT BAPAK BUPATI SANGGAU YANG DIWAKILI STAF AHLI BAPAK YOHANES SUPRIYANTO
YANG TERHORMAT KOMANDAN KODIM 1204 SANGGAU YANG MEWAKILI
YANG TERHORMAT KAPOLRES SANGGAU YANG MEWAKILI

YANG TERHORMAT PIMPINAN PT ANEKA TAMBANG TBK
YANG TERHORMAT DIRUT PTPN XIII
YANG TERHORMAT PIMPINAN PT BANK KALBAR
YANG TERHORMAT PIMPINAN PERGURUAN TINGGI
YANG TERHORMAT KETUA MAJELIS ADAT BUDAYA MELAYU
YANG TERHORMAT KETUA DEWAN ADAT DAYAK
YANG TERHORMAT KETUA MAJELIS ADAT BUDAYA TIONGHOA
YANG TERHORMAT PARA TOKOH DAN PEMUKA MASYARAKAT, PEMUKA AGAMA, MAJELIS TA’LIM, PARA KEPALA DESA, MASYARAKAT ADAT, BUDAYAWAN, PARA GURU KAUM PENDIDIK, SERTA PARA HADIRIN HADIRAT MASYARAKAT TAYAN YANG BERBAHAGIA.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
SELAMAT PAGI DAN SALAM SEJAHTERA BAGI KITA SEMUA.

ALHAMDULILLAH,
PUJI DAN SYUKUR KITA PANJATKAN KEPADA ALLAH SWT, ATAS SEGALA LIMPAHAN RAHMAT, TAUFIQ DAN HIDAYAH SEHINGGA YANG HADIR SAAT INI DALAM KEADAAN SEHAT WAL AFIAT.

HADIRIN DAN HADIRAT YANG BERBAHAGIA,
DALAM KESEMPATAN YANG BERBAHAGIA INI, DENGAN KERENDAHAN HATI, IZINKAN SAYA, BESERTA SELURUH KERABAT DAN KELUARGA BESAR KERATON PAKUNEGARA DAN SELURUH MASYARAKAT TAYAN MENGUCAPKAN SELAMAT DATANG DI KERATON PAKUNEGARA TAYAN.

SETAHUN YANG LALU, TEPATNYA 26 MEI 2012 DITEMPAT INI SAYA DINOBATKAN SEBAGAI RAJA TAYAN KE XIV, YANG BERGELAR PANEMBAHAN ANOM PAKUNEGARA, DENGAN MENYADARI SEPENUHNYA, SEBAGAI PELAKU BUDAYA DAN PEMEGANG ADAT KERATON, YANG BERKEWAJIBAN UNTUK MELESTARIKAN, SERTA MENGAMALKAN NILAI-NILAI LELUHUR, SENI DAN BUDAYA, SEBAGAI KHASANAH MULIA PEMBENTUK KARAKTER BUDAYA BANGSA. MAKA DARI ITU PADA HARI INI 11 NOPEMBER 2013 BERTEPATAN PADA 7 MUHARAM 1435 H. DISELENGGARAKAN EVENT BUDAYA YANG KAMI NAMAKAN MELALUI PAGELARAN SENI-BUDAYA KERATON PAKUNEGARA TAYAN, INSYAALLAH, KEGIATAN INI AKAN MENJADI KEGIATAN TAHUNAN MASYARAKAT TAYAN, DAN SUDAH MENJADI TEKAD KAMI, UNTUK MEMBAWA EVENT BUDAYA INI LEBIH BAIK LAGI DENGAN BERBAGAI KEGIATAN SEHINGGA MAMPU MENJADI SALAH SATU TUJUAN WISATA KALIMANTAN BARAT DAN DUNIA INTERNASIONAL.

BERBAGAI KEGIATAN TRADISIONAL DAN KESENIAN DAERAH, MERUPAKAN BAGIAN DARI KOMITMEN PEMBANGUNAN YANG BERBUDAYA, DENGAN MENGAPRESIASIKAN KERATON PAKUNEGARA TAYAN DAN LEMBAGA ADAT SEBAGAI PERISAI TEGAKNYA HARKAT DAN MARTABAT BANGSA, SERTA IDENTITAS BANGSA, UNTUK MENGANGKAT DAN MEMANTAPKAN NILAI-NILAI ADAT DAN BUDAYA SEBAGAI PEDOMAN, DALAM MENATA KEMBALI KEHIDUPAN BERMASYARAKAT DAN BERBUDAYA DALAM WADAH NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA.

HADIRIN YANG BERBAHAGIA,
BANGSA INDONESIA TELAH DIKENAL OLEH DUNIA INTERNASIONAL KARENA MEMILIKI KEARIFAN, DAN KERAGAMAN BUDAYA, DARI SABANG SAMPAI MERAUKE, DARI ADAT HINGGA TUTUR BAHASA, DARI MAKANAN DAN MINUMAN, DARI BERPAKAIAN, PERMAINAN, HINGGA ARSITEKTUR BANGUNAN DAN MASIH BANYAK TRADISI-TRADISI DALAM KESEHARIAN, MAUPUN UPACARA DIHARI-HARI TERTENTU, SEBAGAI PROSES PEMBENTUKKAN KARAKTER BUDAYA.
PERKEMBANGAN ZAMAN MEMBUAT KITA LUPA AKAN KEBIASAAN LELUHUR KITA, YANG TERCIPTA JAUH SEBELUM KITA TERLAHIR SAAT INI, DIMANA ADAT ISTIADAT TERSEBUT MERUPAKAN CIKAL-BAKAL, ASAL-USUL LAHIRNYA SEBUAH KEBUDAYAAN BANGSA,

BERPEGANG DARI KEARIFAN INI, PAGELARAN SENI DAN BUDAYA KERATON PAKUNEGARA, MERUPAKAN UPAYA PEMBANGUNAN KARAKTER BANGSA, DAN JUGA SEBAGAI SALAH SATU LANGKAH STRATEGIS DALAM UPAYA PENGEMBANGAN KEPARIWISATAAN KOTA TAYAN DAN UMUMNYA DI KABUPATEN SANGGAU.
HADIRIN YANG BERBAHAGIA,

DENGAN MENGUCAP Bismillahhirrahmanirrahim, PAGELARAN SENI DAN BUDAYA KERATON PAKUNEGARA TAYAN, AKULTURASI KERATON TAYAN SEBAGAI UPAYA PEMBANGUNAN KARAKTER BANGSA YANG BERBUDAYA, SAYA BUKA…
TERIMA KASIH YANG SEBESAR-BESARNYA, SERTA PENGHARGAAN YANG SETINGGINYA, KEPADA SELURUH ELEMEN MASYARAKAT BUDAYA KERATON TAYAN YANG TELAH BEKERJA KERAS, BERPERTISIPASI DALAM MEWUJUDKAN PAGELARAN SENI DAN BUDAYA KERATON PAKUNEGARA TAYAN TAHUN 2013 PADA HARI INI.

UCAPAN TERIMAKASIH, JUGA KAMI SAMPAIKAN KEPADA PEMERINTAH KABUPATEN SANGGAU, PT ANEKA TAMBANG, PT BANK BANK KALBAR, PTPN XIII, MANAGEMENT PONTIANAK POST GROUP, SERTA SEMUA PIHAK YANG TIDAK DAPAT KAMI SEBUTKAN SATU PERSATU.

PADA KESEMPATAN YANG BERBAHAGIA INI, SAYA KEMBALI DAN TIDAK BOSAN-BOSANNYA MENYAMPAIKAN PERMOHONAN KEPADA PEMERINTAH KABUPATEN SANGGAU, SEKIRANYA DAPAT MEMBERIKAN PERHATIAN KEPADA KAMI YANG SEDANG BERJUANG UNTUK MEREVITALISASI KERATON DAN LINGKUNGANNYA. DAN PERLU DILAKUKAN PENATAAN KAWASAN KERATON PAKUNEGARA, MENGINGAT PERTUMBUHAN KOTA TAYAN YANG SEMAKIN BERKEMBANG.
HARAPAN KAMI, KELAK TAYAN AKAN MENJADI SALAH SATU DAERAH TUJUAN WISATA YANG BERBASIS BUDAYA, DENGAN KERAGAMAN POTENSI ALAM MELALUI PENATAAN KORIDOR SUNGA KAPUAS TAYAN.

LANGIT CERIA, MEMPESONAKAN
HAMPARAN SAWAH, INDAH DIPANDANG MATA
PAGELARAN SENI BUDAYA, KAMI PERSEMBAHKAN
DEMI MARWAH, MASYARAKAT TAYAN TERCINTA

KERATON TAYAN, HARUS LESTARI
AGAR SEMUA ORANG TAHU SEJARAH
CUKUP SEKIAN, SAYA AKHIRI
LEBIH KURANG, JANGANLAH MARAH.

Wabillahi taufiq wal hidayah, Wassalamu’alaikum Wr Wb.
Selamat pagi dan salam sejahtera.

TAYAN, 11 NOPEMBER 2013
RAJA TAYAN

PANEMBAHAN ANOM PAKUNEGARA GUSTI YUSRI, SH

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s