Home

Usaha-usaha untuk menmperkenalkan kembali Keraton Pakunegara telah dilakukan, bermula dari penobatan Raja Tayan XIV hingga membuat perpustakaan mini di dalam keraton.

Perpustakaan Keraton Pakunegara ini diprakarsai oleh Raja Tayan XIV Gusti Yusri, SH yang bergelar Panembahan Anom Pakunegara dengan maksud untuk mengaktifkan kembali keraton sebagai wadah pendidikan bagi masyarakat umum untuk lebih mengenal budaya Tayan. Adapun ruang-ruang yang dipergunakan merupakan beberapa kamar pribadi yang terdapat di ruang utrama Keraton yang sudah dilakukan perbaikan pada ruang tersebut.

Pengembangan pariwisata Koridor Sungai Kapuas sebagai destinasi pariwisata unggulan Kota Tayan, adalah Citra Tayan yang identik dengan kota persinggahan (transit), pusat pertambangan dan industri, dan kuliner berbasis potensi objek dan daya tarik wisata yang dimiliki Kota Tayan seperti Keraton Pakunegara, Makam Raja-raja Tayan, perkampungan yang tersebar di sepanjang sungai (riverbank community), Pasar Kawat di tepian sungai, Pulau Tayan. Kemudahan Aksesibilitas baik transportasi darat maupun sungai serta kedekatan lokasi dengan pusat Kota Pontianak, Ibu Kota Provinsi Kalimantan Barat merupakan potensi yang sangat sebagai modal pembangunan di bidang kepariwisataan khususnya bagi Kota Tayan dan umumnya di Kabupaten Sanggau dan Propinsi Kalimantan Barat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s