Home

Pada dasarnya bangunan keraton tayan masih dalam keadaan terawat karena masih ada yang mengurus dan mendiami keraton. Namun oleh karena usia bangunan yang telah tua banyak terjadi kerusakan yang diantaranya diakibatkan oleh :

  1. Pelapukan, terjadi pada komponen bangunan yang bahannya terbuat dari yang kualitasnya kurang baik, diantaranya pada dinding, rangka dinding, lantai dapur dan sedikit pada rangka bangunan, serta atapnya telah banyak mengalami kebocoran
  2. Kerusakan oleh binatang (rayap) terjadi pada tiang-tiang dan kerangka bangunan, dinding dan kerangka dinding
  3. Pelapukan yang disebabkan suhu/ kelembaban ataupun iritasi penciutan kayu yang dikarenakan oksidasi antara permukaan tanah dengan kayu, terjadi pada tiang-tiang pancang yang tertanam kedalam tanah. Dan bersentuhan langsung dengan tanah.Sedangkan pelapukan yang diakibatkan suhu udara/ temperatur yaitu oleh sinar matahari langsung dan dinginnya suhu kelembaban udara mengakibatkan pecah maupun retak-retak yang terjadi pada atap sirap, bubungan dan lisplank.
  4. Kerusakan biologis yang dijumpai pada dinding, kerangka bangunan sebagian pada atap sirap, yaitu dengan adanya pertumbuhan lumut (moss) ataupun jamur kerak (lichen) yang merata ataupun yang terdapat pada komponen kayu. Pertumbuhan jasad tersebut akibat dari kebocoran atap tempiasnya air hujan serta kelembaban udara yang tinggi. Dari hasil pengamatan pertumbuhan lumut ataupun jamur yag dominan terdapat pada bangunan bagian belakang dan komponen kayu bagian bawah (kolong bangunan) atau yang kurang mendapat sinar matahari, karena dibagian belakang bangunan banyak terdapat pohon-pohonan yang tinggi yang meredam masuknya sinar matahari.

tbel

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s