Home

Produk Pengembangan wisata berbasis Potensi Kebaharian (sungai) sebagai produk wisata utama dan budaya Suku Asli sebagai penunjang. Potensi daya tarik wisata yang terbesar dan dominan dimiliki Kota Tayan adalah potensi wisata alam (nature based tourism), mencakup: daya tarik wisata sungai, pulau, ekologi bawah sungai, ekologi perkebunan dan industri); disisi lain terdapat potensi penunjang daya tarik wisata budaya yang berbasis pada kehidupan masyarakat perkampungan suku asli dengan keunikan tradisi dan komunitasnya.

implementasi,

  • Konservasi area/sumber daya ekologi pantai pulau-pulau kecil, kehidupan bawah air, perkebunan, serta budaya suku asli sebagai sumber daya wisata utama Kota Tayan.
  • Identifikasi dan penyusunan arahan (guideline) pengembangan obyek dan daya tarik wisata untuk pengembangan wisata pantai pulau-pulau kecil, kehidupan bawah air, serta perkebunan.
  • Identifikasi dan penyusunan arahan (guideline) pengembangan obyek dan daya tarik wisata untuk pengembangan wisata budaya perkampungan suku-suku asli.
  • Pengembangan program pendukung sektor terkait meliputi: pengembangan sarana prasarana, promosi/pemasaran, SDM, kelembagaan dan investasi.

Produk Pengembangan produk wisata terpadu dengan Kabupaten Sanggau serta daya tarik lain di Kalimantan Barat. Pariwisata merupakan kegiatan yang tidak mengenal batas ruang dan wilayah, oleh karena itu pengembangan kepariwisataan yang mengacu pada batas-batas administratif sudah harus ditinggalkan. Selanjutnya dalam perencanaan pembangunan pariwisata perlu lebih memperhatikan dan menerapkan tren pariwisata dunia secara tepat serta berpandangan ke depan. Hal ini dapat dicapai melalui upaya memperkuat kemitraan melalui kesadaran bersama terhadap makna lintas batas untuk menciptakan ruangruang pariwisata baru.

Implementasi,

  • Perencanaan dan pengembangan paket wisata terpadu lintas regional dengan produk wisata tematik: kebaharian, perkebunan, ekologi pantai, budaya suku asli.
  • Pengembangan koridor wisata terpadu yang mendukung pengembangan paket-paket wisata terpadu/tematik lintas kota dan propinsi.
  • Program pendukung sektor terkait meliputi: pengembangan sarana prasarana, promosi/pemasaran, SDM, kelembagaan, investasi, dan pelestarian lingkungan/ sosialisasi sadar wisata.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s