Home

Strategi Pengembangan
Perumusan strategi dan rencana pengembangan kepariwisataan, didasarkan pada hasil analisis yang telah telah dilakukan baik analisis pada masing-masing sektor maupun berdasar pada analisis SWOT yang telah dilakukan. Perumusan srategi dan rencana pengembangan akan dilakukan pada tiaptiap sektor, meliputi : Strategi dan Rencana Pengembangan Produk Wisata (atraksi, amenitas dan aksesibilitas), Strategi dan Rencana Pengembangan Ketataruangan, Strategi dan Rencana Pengembangan Pasar dan Pemasaran, Strategi dan Rencana Pengembangan Investasi, Strategi dan Rencana Pengembagan Kelembagan, Strategi dan Rencana Pengembangan Sumber Daya Manusia, Strategi dan Rencana Pengelolaan Lingkungan, serta Strategi dan Rencana Pengelolaan Sumber Daya Budaya.

Rekomendasi Strategi dan Rencana Pengembangan Produk Wisata, yang mencakup didalamnya :

  • Strategi dan Rencana pengembangan atraksi/objek dan daya tarik wisata (attractions), yang mencakup arahan pengembangan obyek dan daya tarik wisata alam, budaya dan buatan, secara umum maupun atraksi-atraksi unggulan kawasan.
  • Strategi dan Rencana Pengembangan Ketataruangan, yang akan menjabarkan skenario pengembangan kepariwisataan Kota Tayan secara spasial mencakup gambaran mengenai sebaran sub-sub kawasan strategis/unggulan dan arahan pengembangan produk wisata didalamnya, pola keterkaitan antar sub-sub kawasan wisata, kedudukan dan peran yang disandang titik-titik pusat pelayanan dalam sistem kepariwisataan lokal maupun regional serta keterpaduan jaringan transportasi yang mendukung aksesibilitas dan pergerakan antar kawasan. Rencana Perwilayahan dan ketataruangan dituangkan dalam bentuk pra-design
  • Strategi dan Rencana pengembangan fasilitas pendukung wisata (amenities), mencakup arahan pengembangan fasilitas akomodasi, rumah makan, kios cinderamata, pusat informasi wisata, dan komponen penunjang lainnya.
  • Strategi dan Rencana pengembangan aksesibilitas dan infrastruktur kawasan (access), termasuk didalamnya rencana pengembangan infrastruktur teknis yang terkait (transportasi/perhubungan, ke-PU-an, telkom dan sebagainya).

Rekomendasi Strategi dan Rencana Pengembangan Pasar Wisata dan Pemasaran, yang mencakup di dalamnya :

  • Strategi dan Rencana pengembangan Pasar, yang meliputi didalamnya: segmentasi pasar (segmenting), target/sasaran pasar (targeting), positioning produk wisata Kota Tayan
  • Strategi dan Rencana pengembangan Pemasaran, yang meliputi didalamnya: arahan pengemasan produk wisata, model promosi dan pemasaran, sistem informasi wisata dan distribusi pemasaran.

Rekomendasi Strategi dan Rencana Pengembangan SDM dan Kelembagaan, yang meliputi :

  • Arahan pengembangan SDM di lingkungan internal instansi pemerintahan yang berkaitan langsung maupun tak langsung dengan pengembangan pariwisata, maupun SDM di lingkungan industri pariwisata (swasta) dan masyarakat.
  • Arahan koordinasi antar sektor dan stakeholder dalam pelaksanaan pembangunan kepariwisataan

Rekomendasi Strategi dan Rencana Pengembangan Investasi, yang mencakup; arahan pengembangan kebijakan (policy development) bidang investasi, rencana investasi obyek wisata – sarana prasarana pendukung, arahan mekanisme dan prosedur investasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s